Skip to main content

OPOSISI



PENDAHULUAN

         Banyak sekali perjuangan orang atau orang-orang lain untuk memperoleh makanan, sesuatu tujuan, atau nilai.Salah satu bentuk-bentuk perjuangan tersebut adalah kompetisi yang merupakan bentuk perjuangan untuk mencapai sesuatu maksud atau tujuan tetapi perhatiannya lebih tertuju pada hasil,tanpa menjatuhkan saingannya. Kemudian konflik juga merupakan bentuk opsisi yang sering kita jumpai sehari hari dalam kehidupan nyata yang bisa di bilang sudah mendarah daging ibarat tak ada konflik hidup akan hampa. 
         Konflik tidak selalu berakibat negatif tetapi juga bisa berakibat positif,dimana terdapat juga dampak positif yang disebut seperti diskusi,seminar yang bisa di kendalikan seperti simpulan,ya, benar saja konflik juga tidak selalu berdampak negatif,jadi seperti forum ini yang nantinya akan mendapat hasil atau simpulan, hubungan antara dua pernyataan particular dengan dua term yang sama tapi berbeda daam kualitasnya. Dalam pertentangan dua pernyataan particular ini, obyek dari kedua pernyataan itu adalah satu himpunan yang dibagi dua kelompok, yang satu dengan predikat positif (afirmatif) dan yang lain dengan predikat negative. 
         Konflik dan kompetisi merupakan bentuk umum oposisi yang umum kita jumpai di kehidupan sehari-hari bahkan kitapun sering mngalami konflik di rumra,di kampus atau yang sudah pasti di kosan kita akan sering mengalami konflik jadi wajar saja kalokita punya konflik,tapi ingat konflik juga tidak harus berakhir pertumpahan darah atau permusuhan tapi konflik bisa berakhir dengan akomondasi dan persetujuan.
        Tak ada manusia yang sempurna, karena status kita hamba yang maha sempurna iyalah ALLAH karena ALLAH tuhan kita jadi tak sepantasnya kita membangga banggakan diri kita lebih baik kita merunduk dan berjabatan tangan saling memaafkan karena memaafkan akan mengindahkan hidup kita,dengan mengetahui materi oposisi maka kita akan mengetahui dan dapat menghindari supaya kita tidak,selalu ber fikiran negatk

PEMBAHASAN

A.    Pengertian Oposisi
         Oposisi dalam logika di artikan dengan pertentangan antara dua pernyataan atas dasar pengolahan masalah yang sama. Pertentanga disini diartikan juga dengan hubungan logis, yaitu hubungan yang di dalamnya terkandung adanya suatu penilaian benar atau salah terhadap dua pernyataan yang di perbandingkan. Adapun dua pernyataan yang diperbandngkan atau dihubungkan itu dapat juga keduanya berbentuk pernyataan yang terdiri dari satu term, dan dapat juga keduanya berbentuk pernyataan yang terdiri dari dua term sebagai subyek dan predikat yang disebut dengan proposisi kategoris. Dengan adanya pernyataan ini oposisi dibedakan dua macam, yaitu : oposisi satu term (oposisi sederhana), dan oposisi dua term (oposisi kompleks)
          Dalam pengertian lain, oposisi merupakan pembanding pertentangan dan proposisi yang merupakan bagian dari sifat proposisi. Proposisi-proposisi yang oposisitif ialah proposisi yang tidak mungkin sekaligus benarwalaupun ada subyek dan predikat yang sama; oposisi ialah pembenaran dan penyangkan terhadap yang sama, jadi terdapat petentangan kalau yang satu mengakui dan yang satu menyangkal tentang yang sama.

B.  Pembagian Oposisi atau Macam-macam Oposisi
        Seperti dijelaskan di atas, oposisi dibedakan menjadi dua macam. Yaitu oposisi satu term (oposisi sederhana) dan dua term (oposisi kompleks).
1.      Oposisi sederhana
 Oposisi yang berupa hubungan logis antara dua pernyataan tunggal atas dasar term yang sama. Tetapi perbedaan dalam kualitas dan kuantitas. Term satu-satunya disini merupakan predikat.
Contoh :
Ø Semuanya adalah korupsi
Ø Ada sebagian yang tidak korupsi

Kata korupsi sebagai predikat yang tidak mempunyai term sebagai subyek yang saling dihubungkan secara logis dengan bentuk pernyataan yang berbeda. Namun berbeda kualitas dan kuantitas. Kemudian dalam oposisi sederhana dibedakan menjadi empat macam, yaitu : oposisi kontraris, oposisi sub kontraris, oposisi kontradiktoris, dan oposisi subalternasi.


a. Oposisi kontraris yaitu pertentangan antara dua pernyataan universal atas dasar satu term yang sama. Tetapi berbeda dalam kualitasnya.
Hukumnya : 1. Bila pernyataan yang satu benar, yang lain pasti salah
 2.    Bila pernyataan yang satu salah, maka yang lain dapat juga benar dan
      dapat juga salah.
Example : Semuanya adalah korupsi
                 Semuanya tidak ada yang korupsi

b.  Oposisi subkontraris yaitu pertentangan antara dua pernyataan particular atas dasar                                       satu term yang sama, tetapi berbeda dalam kualitasnya.
Hukumnya :
 -  Bila pernyataan yang satu salah maka yang lain dapatdiakui benar.
 -    Bila pernyataan yang satu benar maka yang lain dapat benar dan dapat juga salah.
Example :
> Sebagian adalah sarjana Hukum
> Sebagian bukan sarjana Hukum
c.   Oposisi kontradiktoris yaitu dimana yang satu menyangkal apa yang diakui oleh yang lain.
Example :
Ø  Semua manusia terpelajar
Ø  Beberapa manusia tidak terpelajar.
       Proposisi yang satu memakai “semua” yang lain memakai “beberapa” dan memakai “ada” yaqng lain “tidak ada” karena itu dalam kontradiktoris yang berbeda ada pada kuantitas (semua, beberapa) dan dalam kualitas (ada, tidak ada).
Dalam oposisi ini mempunyai tabiat bila satu salah, yang lain harus benar. Dan bila yang satu benar yang lain harus salah, tidak mungkin benar keduanya atau salah keduanya.
d.   Oposisi Subalternasi
         Merupakan pertentangan antara dua pernyataan atas dasar satu term yang sama dan berkualitas sama tapi berbeda dalam kuantitasnya. Subalternasi ini dibagi dua yaitu :
1. Sub implikasi, yaitu hubungan logis pernyataan particular terhadap pernyataan universal atas dasar term yang sama serta kualitas sama.
Hukumnya :
-   Bila pernyataan particular salah, maka pernyataan universal pasti salah.
-   Bila pernyataan particular benar, maka yang universal tidak dapat diketahui benar a
-   Bila pernyataan universal benar, maka yang particular pasti benar
-   Bila pernyataan universal salah, maka yang particular tidak dapat diketahiu benar atau salah.
Example :
Ø Semua adalah pemberontak
Ø Ada sebagian yang memberontak
2.  Oposisi Kompleks
        Oposisi yang berupa hubungan logis anara dua pernyataan atas dasar dua term yang sama sebagai subyek dan predikat, tetapi berbeda dalam kuantitas atau kualitasnya atau berbeda kedua-duanya atau pertentangan antara dua proposisi kategoris dengan term yang sama dan berbeda dalam satu hal.
Example :
- Semua peserta bimbingan tes perintis Yogyakarta ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri
- Ada peserta bimbingan tes perintis Yogyakarta yang tidak ingin masuk Perguruan Tinggi Negeri
        
       Oposisi ini dibagi menjadi tiga, yaitu oposisi parallel, oposisi kontradiktoris, dan eksklusif. Kenapa disebut oposisi parallel, karena proposisi yang satu sejajar dan mengandaikan adanya opossi yang lain. Sedang oposisi kontradiktofis, karena antara proposisi yang satu dengan yang lain saling bertentangan penuh dan dinamakan oposisi eksklusif karena antara dua proposisi yang bertentangan itu saling menyisihkan.

Oposisi Paralel
         merupakan hubungan antara dua pernyataan particular dengan dua term yang sama tapi berbeda daam kualitasnya. Dalam pertentangan dua pernyataan particular ini, obyek dari kedua pernyataan itu adalah satu himpunan yang dibagi dua kelompok, yang satu dengan predikat positif (afirmatif) dan yang lain dengan predikat negative. Oleh karena itu pernyataan yang satu mengandalkan adanya pernyataan yang lain.
Hukumnya : kebenaran bagi yang satu berarti kebenaran bagi yang lain, demikian juga kesalahan bagi yang satu berarti kesalahan yang lain.

Example :
-   Ada sebagian pejabat pemerintah yang korupsi
-    Ada sebagian pejabat pemerintah yang tidak korupsi

 Oposisi kontradiktoris,
           Merupakan pertentangan antara dua pernyataan kategoris dengan term yang sama. Namun berbeda kuantitas dan kualitasnya. Oposisi kontradiksi disini sama juga dengan oposisi kontradiktoris dan dibahas dalam oposisi sederhana . hukumnya pun sama.
Hukumnya : kebenaran bagi yang satu berarti kesalahan bagi yang lain.
Demikian sebaliknya, kesalahan bagi yang satu berarti kebenaran bagi yang lain.
Example :
- Semua Bangsa Indonesia berketuhana YME
-  Ada Bangsa Indonesia yang tidak berketuhanan YME
 Oposisi eksklusif
        merupakan pertentangan antara dua pernyatan universal kategoris ang berbeda kualitas, atas pertentangan dua pernyataan yang berkualitas sama tapi bebeda kuantitas.
Dalam pertentangan-pertentangan pernyataan di atas antara yang satu dengan yang lain saling menyisihkan. Dalam arti tidak mungkin kduanya benar dan kemungkinan ke-3 jika keduanya salah.
Hukumnya : kebenaran bagi yang satu berarti kesalahan bagi yang lain. Namun kedua-duanya dapat juga salah.
Example :
-  Semua jaksa adalah sarjana hokum
-   Sebagian jaksa adalah sarjana hokum
        Bentuk penalaran lain yang ada hubungannya denga oposisi kompleks ialah negasi, kontradiksi, dan penyimpulan implikasi. Negasi kontradisi merupakan kelanjutan pertentangan berbentuk kontradiksi yang diingkari, sedangkan penyimplan implikasi merupakan hubungan antara keseluruhan dan bagian yang tidak bertenangan.
Negasi kontradiksi
         pernyataan yang kontradiksi jika salah satu diingkari akan mewujudkan suatu persamaan arti. Negasi kontradisi dapat juga dinyatakan sebagai bentuk penatanan obverse, yakni penyimpulan langsung dengan jalan menegasikan suatu pernyataan yang berbeda kualitasnya.
Example :
- “Setiap warga Negara mempunyai kedudukan sama dalam bidang hukum dan pemerintahan.”
Yang sama artinya dengan “tidak ada satupun warganegara yang tidak mendapat kedudukan sama dalam bidang hokum dan pemerintah.”
Dalam contoh diatas kata “tidak ada satupun” berarti “semua”
        Penyimpulan implikasi, jika suatu keseluruhan mempunyai sifat tertentu maka bagian dari keseluruhan itu juga mempunyai sifat tersebutdan jika mengingkari maka bagiannyapun mengingkari.
Example :
-  Jika “semua peserta ujian logika dapat nilai baik “maka”, sebagian dari peserta ujian logika dapat nilai baik.”
-   Perlu diperhatikan, penyimpulan ini bukan untuk dipetentangkan sebagai mana oposisi eksklusif tetapi bagian dari simpulan keseluruhan.
      
C. Bentuk-bentuk Oposisi
1. Kompetisi
        Kompetisi merupakan bentuk oposisi yang lunak (kurang keras)yang di alamnya sekelompok orang atau seseorang berjuang unttuk mencapai tujuannya tanpa menjatuhkan sainganya,seperti halnya perebutan juara kelas,persaingan kota terbesih di indonesia. Dan persaingan untuk menjadi dewan PBB,kompetisi juga pasti ada di setiap negara,daerah provinsi,desa, kampung hingga keluarga, contoh kometisi yang ada di keluarga adalah, anak yang saling mencari perhatian ke orang tuanya dengan menunjukan prestasi yang mampu dia raih,agar dia mendapat pujian dari orang tuanya,seperti itulah kompetisi selalu ada di lingkungan manapun

2. Konflik
         Konflik mrupakan proses oposisi keras yang dalam prosesnya individu atau kelompok berusaha merintangi,menghalangi,merugikan atau bahkan menindas lawanya guna untuk mencapai tujuanya,seperti halnya israel (yahudi) yang selalu menindas palestina (islam) seperti itulah konflik dimana kelompok atau individu menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuanya, konfik sendiri tidak hanya terjadi di negara,tapi juga bisa terjadi di kampus,desa provinsi bahkan keluarga ingat kah anda dengan qabil dan habil dimana qabil sang kakak membunuh adiknya hanya untuk mendapatkan istri yang cantik,dan tidak mau dengan calon istrinya yang jelek itulah konflik, bahkan yang lebih kecil dari keluarga yaitu konflik batin,semua orang juga pasti pernah merasakan konflik batin.
          Menurut L.A.Coser konflik tidak selalu ber akibat negatif,dimana terdapat juga dampak positif yang disebut seperti diskusi,seminar yang bisa di kendalikan seperti simpulan,ya, benar saja konflik juga tidak selalu berdampak negatif,jadi seperti forum ini yang nantinya akan mendapat hasil atau simpulan,seperti konflik tentang kenaikan BBM,yang di diskusikan, inflasi rupiah, atau bahkan kasus hambalang,dimana sampai sekarang ada konflik yang belum di selesaikan

3. Oposisi Karena Adanya Dorongan
         Opsisi karena adanya dorongan adalah bentuk oposisi yang terjadi karena adanya dorongan dan kebutuhan,dan apabila orang mendapat halangan atau menemukan halangan maka orang tersebuut akan merasa frustasi dan hal ini yang menjadi penyebab utama terjadinya konflik , seperti halnya kebutuhan biologis,matrialis,atau yang sering terjadi adalah kebutuhan pangan yang membuat orang melakukan hal-hal yang tidak wajar seperti merampok, membegal,maling,dan kejahatan yang lainya,semua itu biasanya terjadi karena adanya dorongan dari lingkungan,keluarga,yang merupakan dorongan dari lingkungan adalah pemberian label pada orang, atau cap kejahatan sehingga orang tersebut terdorong untuk melakukan kejahatan atau memicu konflik tersebut, seperti orang yang tidak hobi ngepek,tidak hobi nyontek, karena setiap hari di cap bahwa dia tukang contek,tukang ngepek, sehingga timbulah di hati mereka dan mereka berfikir “untuk apa jujur,toh walaupun aku jujur juga di bilang ngepek,jadi lebih baik aku ngepek sekalian,toh hasilnya sama” itu hanya perumpamaan jadi jikalau kita di cap ngepek atau mencontek, kita harus tunjukan pada dosen, guru,abah atau ustadz kita bahwa kita nggak ngepek dan kita jujur ngerjain sendiri sampai ustadz dan dosen kita percaya sama kita
Cara untuk megnatasi konfilk/frustasi adalah:
Ø Menyerang langsung objek yang menghalangi
Ø Belajar kecekatan atau ketrampilan yang di perlukan untuk mencapai tujuan tersebut
Ø Mencari objek pengganti
         Itulah cara yang biasa dipakai oleh orang yang berfikir singkat dan tanpa pengetahuan dia tidak mau melihat orang lain bahagia,dan dia sangat ingin menunjukan daya saingnya kepada orang lain agar orang lain mengetahui keberadaanya.
4. Strugle For Existence
         Merupakan bentuk oposisi yang di akibatkan dari adanya keterbatasan keterbatasan yang di hadapi.strugle of existance sering di artikan sebagai konflik keras di antara orang atau binatang untuk dapat memperebutkan sesuatu, tidak hanya orang, binatang juga pun  mempunyai konflik dan hampir semua konflik diawali dari perebutan makanan,bukan hanya di sinetron,FTV,atau di film-film perebutan sandang pangan dan papan terjadi di dunia nyata bukan hanya di golongan menegah kebawah,tapi dari semua golongan lapisan masyarakat hanya karena makanan kaka bisa membunuh adik, ibu bisa menjual anaknya,kerabat menjadi musuh, dan kawan pun menjadi lawan,hal ini di akibatkan karena kekurangan, atau keterbatasan  yang dihadapi, banyak berita yang sudah kita saksikan, di tv,radio atau medsos yang lain
         Charles darwin mengatakan bahwa yang terpenting bukan hanya keberhasilan secara individual saja melainkan keberhasilan mempertahankan jenis the strugle of exitance menuju ke arah the selectin theori yaitu:
1)   Perjuangan diatas anggota spesies( jenis makhluknya sendiri )
2)   Perjungan terhadap spesies lain (manusia dengan binatang)
3)   Perjuangan terhadap kondisi fisik

D. Peran Kebudayaan Terhadap Konflik
        Peran kebudayaan terhadap konflik ini dapat mendorong atau menghambat proses berkembangnya konflik  hal ini tergantung tingkat kebudayaan nya, pada konflik yang belum sempurna seperti pada makhluk atau binatang dan walaupun sederhana tapi tujuanya untuk memusnahkan lawanya  jikalau pada manusia konflik dapat berakhir dengan agreement perdamain atau peretujuan,atau mencoba menggabungkan unsur unsur yang betentangan

E. Proses Terjadinya Konflik
Ø Munculnya kebutuhan terhadap objek yang terbatas sehingga memicu munculnya konflik
Ø Perjuangan terhadap yang lain untuk mendapatkan objek tersebut
Ø Pemutusan konflik dengan permusuhan atau pengurangan kemampuan dan kondisi lawan agar mereka tidak berhasil atau berbagai bentuk akomondasi




KESIMPULAN

       Oposisi merupakan pembanding pertentangan dan proposisi yang merupakan bagian dari sifat proposisi. Proposisi-proposisi yang oposisitif ialah proposisi yang tidak mungkin sekaligus benarwalaupun ada subyek dan predikat yang sama; oposisi ialah pembenaran dan penyangkan terhadap yang sama, jadi terdapat petentangan kalau yang satu mengakui dan yang satu menyangkal tentang yang sama, dan merupakan hubungan antara dua pernyataan particular dengan dua term yang sama tapi berbeda daam kualitasnya. Dalam pertentangan dua pernyataan particular ini, obyek dari kedua pernyataan itu adalah satu himpunan yang dibagi dua kelompok, yang satu dengan predikat positif (afirmatif) dan yang lain dengan predikat negative. Oleh karena itu pernyataan yang satu mengandalkan adanya pernyataan yang lain.
        Pernyataan yang kontradiksi jika salah satu diingkari akan mewujudkan suatu persamaan arti. Negasi kontradisi dapat juga dinyatakan sebagai bentuk penatanan obverse, yakni penyimpulan langsung dengan jalan menegasikan suatu pernyataan yang berbeda kualitasnya sehingga menghasilkan ingkaran ingkaran yang timul menjadi problema masyarakat
          Konflik dan kompetisi merupakan bentuk umum oposisi yang umum kita jumpai di kahidupan sehari-hari bahkan kitapun sering mngalami konflik di rumra,di kampus atau yang sudah pasti di kosan kita akan sering mengalami konflik jadi wajar saja kalokita punya konflik,tapi ingat konflik juga tidak harus berakhir pertumpahan darah atau permusuhan tapi konflik bisa berakhir dengan akomondasi dan persetujuan.
        Tak ada manusia yang sempurna, karena status kita hamba yang maha sempurna iyalah ALLAH karena ALLAH tuhan kita jadi tak sepantasnya kita membangga banggakan diri kita lebih baik kita merunduk dan berjabatan tangan saling memaafkan karena memaafkan akan mengindahkan hidup kita,dengan mengetahui materi oposisi maka kita akan mengetahui dan dapat menghindari supaya kita tidak berselisih secara berlebihan kepada sesama kita,manusia hanyalah seonggok materi yang mencari kebenaran yang haqiqi, salah wajar jikalau tidak di ulangi,maka dari itu marilah kita bermaaf maafan.





DAFTAR PUSTAKA



Amirin,tatang M. Dan Abidin, E Zainal,pengantar sosiologi. Yogyakarta: penerbit temata 1980

Bouman, P.J., Terjemahan: Sugito Suyitno.Sosiologi:pengertian dan masalah. Yogyakarta: kanisius,1991

Gilin & Gilin. Cultural Sosiologi. New York: The Mac Millan Company,1954

Husain, ibrahim. Kenakalan anak-anak. Bandung: CV. Pelita,1996

Nasutio S. Sosiologi pendidikan. Bandung: jemmar, 1993

Polak,Mayor. Sosiologi suatu pengantar ringkas. Jakarta: inchtiar baru,1976

Rifai bachtiar. pendidkan dan pembinaan generasi muda. Jakarta:1996

Simanjuntak, B. latar belakang kenakalan anak (etimologi juvenile deliquency). Bandung: alumni, 1975

https://id.wikipedia.org/wiki/Oposisi_%28politik%29





Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Download e-book Fisika Dasar Jl.1 Ed.7 : Halliday

Diterbitkan pertama kali pada tahun 1960, buku Fisika Dasar karya Halliday-Resnick-Walker ini adalah salah satu buku Fisika Dasar yang paling banyak dipakai di seluruh dunia. Buku ini telah diterjemahkan ke 40 bahasa. Di Indonesia sendiri, buku Fisika Dasar karya Halliday ini telah lama menyandang predikat sebagai buku utama untuk mata kuliah Fisika Dasar. Selama bertahun-tahun, di Indonesia buku Fisika Dasar karya Halliday ini telah mendapatkan pengakuan sebagai “Kitab Suci” bagi para mahasiswa MIPA dan Teknik yang mempelajari Fisika Dasar di tahun pertama kuliah mereka. Dengan membaca buku yang memadukan materi yang berkualitas dan penyajian yang menarik ini, mahasiswa bisa mendapatkan pemahaman yang kuat terhadap konsep-konsep Fisika Dasar, sehingga bisa mengaplikasikan pemahaman konseptualnya untuk memecahkan soal-soal kuantitatif dengan lancar. DOWNLOAD E-BOOK

CARA MUDAH MENGGANTI MENU DROPDOWN LANJUTAN MENGUBAH SCRIPT

Membuat Menu DropDown Lanjutan Hello kumaha damang… Sepertinya sudah ditunggu nih bagaimana merubah tulisan Menu DropDown nya Nah sekarang gue mau ngasih tahapan lanjutan dari postingan gue sebelumnya Cara Membuat Menu DropDown Pada Blogspot Pasti akang-akang dan eneng-eneng tau tidak mudah membuat script atau Bahasa computer yang bikin mumet Untuk itu   gue hadir ngasih solusinya wkwkwk… Nah mulai srius nih, Langkah lanjutannya yang pertama masuk lagi ke dasbor blogspot, Kemudian pilih Gadget yang kalian buat sebelumnya “Klik Edit” Scroll kebawah pada bagian script nya cari tulisan yang ada pada Menu Dropdown missal “HOME” ganti dengan “BRANDA” dan seterusnya. Sulit ya wkwkwk… Biar gak sulit gan gue buatkan tahapannya.   1.       Membuka kembali blogspot Anda. 2.        Masuk ke Tata Letak. 3.        Pilih Gadget yang berisi Script Menu DropDown kemarin. 4.        Buka notped. 5.        Copykan ke notped. 6.        Car

Contoh Laporan Observasi Menejemen Sekolah (MA)

LAPORAN OBSERVASI MANAJEMEN KOMPONEN-KOMPONEN SEKOLAH MADRASAH ALIYAH AL-HIKMAH BANDAR LAMPUNG (Tugas ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Pendidikan) Disusun oleh Indah Febriyani 1511090203 Kurnia widianti 1511090208 Ngadiman 1511090226 Siti Fatmawati 1511090100   FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG BANDAR LAMPUNG 2017 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat, hidayah serta inayah-Nya kepada kami sehingga dapat menyelesaikan Laporan Observasi “Manajemen Komponen-komponen Sekolah” ini tepat pada waktunya. Laporan ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Manajemen Pendidikan, yaitu tentang Manajemen Komponen-komponen Sekolah di Madrasah Aliyah Al-Hikmah Bandar Lampung. Semoga laporan ini dapat memberikan manfaat bagi para mahasiswa/i selaku calon pendidik dalam hal mengetahui bagaimana peran dan tangg